Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Kepesantrenan Di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang
DOI:
https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v3i1.36Keywords:
Sistem, Evaluasi, Kurikulum KepesantrenanAbstract
Evaluasi adalah sistem pendidikan yang dilaksanakan secara sitematis dan terencana sebagai alat
untuk menganalisis keberhasilan yang akan dicapai dalam proses pendidikan dan pembelajaran.
Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum (PPDU) sangat
sistematis yaitu sesuai dengan prinsip umum dalam evaluasi yaitu: valid, berorientasi pada
kompetensi, berkelanjutan, menyeluruh, bermakna, adil dan objektif, menyeluruh, iklas, praktis,
dicatat dan akurat. Evaluasi pembelajaran dalam bentuk Ujian Akhir PPDU adalah kegiatan yang
dilakukan oleh panitia yang telah ditetapkan oleh Majelis Pimpinan PPDU. Jenis penelitian ini
termasuk penelitian kualitatif, metode yang digunakan studi lapangan langsung di Pondok
Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Sumber penelitian peneliti bersumber dari data primer dan
skunder. Teknik pengambilan data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yaitu Evaluasi pembelajaran kurikulum kepesantrenan terbagi menjadi 2 yaitu
pertama, ujian praktik yang terdiri dari ujian lokal (diselenggarakan oleh sekolah) dan pusat
(diselenggarakan oleh kantor pusat) kedua, ujian tulis. Hasil evaluasi diperoleh santri/muqim dan
siswa kampung/siska pada kelas akhir yang sekolah di Darul ‘Ulum berupa syahadah yang
ditandatangani oleh Majelis Pondok Pesantren Darul ‘Ulum.
References
Arifin, Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran Penulis. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama RI.
Fathurrochman, Irwan. 2017. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan
Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup.” Tadbir :
Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1, no. 1: 85. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216.
Jamaludin, Muhammad. 2012. “Metamorfosis Pesantern Di Era Globalisai.” Journal of Social and
Islamic Culture 20, no. 1: 127–39.
Lampiran SK No. 7228/PI/MPP-YY/A1-2016.
Ma`arif, Muhammad Anas, and Muhammad Husnur Rofiq. 2018. “POLA PENGEMBANGAN
KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER: Studi Pondok Pesantren
Nurul Ummah Mojokerto.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1: 1.
https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1635.
Masri, M. Nazar Al. 2015. “Evaluasi Menurut Filsafat Pendidikan Islam.” Kutubkhanah 17, no. 2:
ments/article/97406410605842077.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.