Promoting Halal Tourism: Penggunaan Digital Marketing Communication dalam Pengembangan Destinasi Wisata Masjid

Authors

  • Kurnia Muhajarah UIN Walisongo
  • Lukmanul Hakim UIN Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v2i1.26

Keywords:

Halal Tourism, Digital Marketing Communication, Destinasi Wisata, Masjid

Abstract

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu aspek penting potensial. Kekayaan keelokan alam, situs budaya dan sejarah dari suatu daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan domestik maupun mancanegara. Potensi halal tourism-nya pun begitu besar. Salah satu tempat wisata religi favorit masyarakat Indonesia adalah wisata masjid. Adapun rumusan masalah pada penulisan ini yaitu bagaimana potensi pengembangan halal tourism di Indonesia, bagaimana pengembangan destinasi wisata masjid dan bagaimana penggunaan digital marketing communication sebagai strategi halal tourism brading  dalam pengembangan destinasi wisata masjid  Penulisanini menggunakan library research (penelitian kepustakaan), dan bersifat kualitatif, deskriptif analisis. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Potensi halal tourism begitu besar karena Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah Muslim, Indonesia seharusnya mampu memaksimalkan potensi itu. Oleh karena itu, Indonesia sudah mulai mempromosikan diri sebagai negara tujuan pariwisata yang muslim-friendly. Halal tourism lebih mengedepankan pelayanan berbasis standar halal umat Muslim. Halal tourism perlu digalakkan lebih massif oleh pemerintah untuk mempromosikan brand tersebut, terutama dengan melibatkan generasi muda yang melek teknologi

References

Achyar, Mahfud. 2014. Strategi Digital Marketing Communcation EIGER. Jakarta: Paramadina Graduate School.

______,Mahfud. 2014. “Indonesia sebagai Tujuan Halal Tourism”, https://www. academia.edu/13500560/Indonesia_Sebagai_Tujuan_Halal_Tourism.

Amar, Abu Imron. 2012. Sejarah Ringkas Kerajaan Islam Demak. Kudus: Menara Kudus.

Bogdan, Robert and Steven J. Taylor. 1975. Introduction to Qualitative Research Methods, New York.

Chapra, Umer. 2010. Peradaban Muslim: Penyebab Keruntuhan dan Perlunya Reformasi. Jakarta: AMZAH.

Creswell, John W. 2007. Qualitatif Inquiry and Research Design: Chosing Among Five Approaches, Second Edition, London: Sage Publications.

Dimyati, Vien, 2016. “10 Destinasi Incaran Wisman Berwisata Halal”, https:// www.inews.id/travel/destinasi/10-destinasi-incaran-wisman-berwisata-halal-di-indonesia

Djakfar, Muhammad. 2017. Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi Peta Jalan Menuju Pengembangan Akademik & Industri Halal di Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press (Anggota IKAPI).

Hermantoro, Henky, Creative –Based Tourism dari Wisata Rekreatif Menuju Wisata Kreatif,Depok: Penerbit Aditri, 2011.

Hindryati, Rin. 2020. “Sapta Nirwandar: Halal Tourism itu Bukan Persoalan Agama Ansich”. https://bisniswisata.co.id/sapta-nirwandar-halal-tourism-itu-bukan-persoalan-agama-an-sich.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Muhajarah, K., & Hakim, L. . (2021). Promoting Halal Tourism: Penggunaan Digital Marketing Communication dalam Pengembangan Destinasi Wisata Masjid. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 2(1), 34–42. https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v2i1.26

Issue

Section

Articles