Potret Dakwah Digital di Era Modernisasi: Studi Media Sosial sebagai Media Dakwah

Authors

  • moh anas sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin

DOI:

https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v6i1.199

Keywords:

Media Sosial, Dakwah Digital, Media Dakwah

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana berdakwah para da’i. Dalam hal ini media sosial ialah Instagram dan Youtube. Kedua media tersebut merupakan bagian dari media digital yang populer di masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat studi pustaka. Studi pustaka dilakukan melalui data sekunder dari internet yakni media sosial seperti instagram dan youtube, serta mengkaji berbagai literatur terdahulu tentang pemanfaatan media sosial Instagram dan Youtube sebagai media dakwah.

Hasil penelitian menunjukkan banyak para pelaku dakwah khususnya di Indonesia, yang menggunakan media sosial sebagai sarana dakwah. Diantaranya, ustaz Hanan Attaki, ustaz Abdul Somad, dan ustaz Felix Siauw. Ustaz Hanan Attaki melalui Instagram dengan akun @hanan_attaki. Ustaz Abdul Somad melalui Instagram dengan akun @ustadzabdulsomad_official maupun Youtube akun @ustadzabdulsomadofficial. Serta ustaz Felix Siauw pada akun Instagram @felix.siauw dan akun Youtubenya yakni @FelixSiauw1453. Masing-masing konten dakwah mereka memiliki karakteristik tersendiri dalam pengelolaannya

References

AB, S. (2016). Pengantar Sosiologi Dakwah. Jakarta: Kencana.

Akbar, Z. A. (2022). Kebun Binatang Surabaya Menghadapi Pandemi Covid 19. In Book Chapter Komunikasi Pemasaran Pariwisata (p. 103). Surabaya: UNITOMO PRESS.

Anwar, F. (2017, April). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 138.

Arabi, K. S. (2017). Dakwah dengan Cerdas. Yogyakarta: Laksana.

Aziz, M. A. (2017). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Cahyono, A. S. (2017). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 142.

Hanani, S. (2011). Menggali Interelasi Sosiologi dan Agama. Bandung: Humaniora.

Inderasari, E., Lestari, B., & Achsani, F. (2019, Mei). Penggunaan Bahasa Dakwah Ustaz Hanan Attaki di Media Sosial Instagram. Jurnal Jalabahasa, 15(1), 1.

Jami, D. Z., & Susanti, I. (2023). Dakwah Marjinal Konsepsi dan Implementasi. Banyumas: Wawasan Ilmu.

Kahmad, D. (2006). Sosiologi Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khadijah, U. L. (2019). Teknologi Komunikasi Informasi dan Advertising "Pop-Up Youtube Meraih Keuntungan". In Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer (p. 407). Bandung: Unpad Press.

Khairina, U. (2020). Strategi Komunikasi Islam Felix Siauw di Instagram. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 3(2), 14.

Khairina, U. (2021, Januari-Juni). Content Strategy Three Dai Famous on Instagram. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 27(1), 78.

Lubis, C. K., Nasution, A. M., Nasihin, A., Leliana, A., Atiqoh, Prabowo, E., . . . W., Syifani. (2024). Komunikasi Dakwah Era Digital. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Luth, T. (1999). M. Natsir, Dakwah dan Pemikirannya. Jakarta: Gema Insani Press.

Munir, M., & Ilaihi, W. (2012). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Muqsith, M. A. (2022). Pesan Politik di Media Sosial 'Twitter'. Surabaya: CV, Jakad Media Publishing.

Mustafid, A., Nuraida, & Walian, A. (2023). Kontribusi Dakwah Ustadz Hanan Attaki terhadap Anak Muda di Media Sosial Instagram. Social Science and Contemporary Issues Journal, 1(1), 150-151.

Rosidi. (2023). Metode Dakwah Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Selat Media Patners.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018, September). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam pembentukan Identitas Diri Remaja. Jurnal Interaksi Online, 6(4), 2.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 73.

Syahputra, D., Santalia, I., & Hamiruddin. (2023, Agustus). Metode dan Strategi Dakwah Ustadz Abdul Somad Melalui Media Sosial Youtube. Jurnal Mercusuar, 4(2), 187.

Yusriani, M. N., & Syahputra, E. (2022, Juli). Pemanfaatan Aplikasi You Tube Sebagai Media pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 217.

Zaini, A. (2015, Juni). Dakwah melalui Televisi. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 2.

Zulaecha, N. N., Hafidz, Pertiwi, B. N., & Nashihin, H. (2023, July). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Dakwah Digital dalam Penyiaran Agama Kalangan Kaum Milenial di Instagram (Ustaz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

anas, moh. (2025). Potret Dakwah Digital di Era Modernisasi: Studi Media Sosial sebagai Media Dakwah. Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v6i1.199

Issue

Section

Articles