KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA DAN ANAK PECANDU GAME ONLINE (MOBILE LEGEND) DI DESA KARANGREJO KECAMATAN PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.63230/almuttaqin.v6i1.256Keywords:
Pola komunikasi, kecanduan game online, hubungan orang tua-anakAbstract
Pola komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak yang kecanduan game online Mobile Legends di Desa Karangrejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Dengan menggunakan pendekatan teori dialektika relasional dari Leslie Baxter dan Barbara Montgomery, penelitian ini mengkaji dinamika hubungan antara orang tua dan anak dalam konteks kecanduan game online. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan angket yang melibatkan 30 responden, terdiri dari 15 anak yang berusia 12-17 tahun dan kecanduan game Mobile Legends, serta 15 orang tua mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara orang tua dan anak dipengaruhi oleh konflik-konflik internal, seperti kebutuhan anak untuk bermain game versus harapan orang tua untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas online dan offline. Konflik-konflik ini seringkali memunculkan ketegangan dalam hubungan yang memerlukan strategi komunikasi yang lebih adaptif dan dialogis. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam mengenai tantangan yang dihadapi orang tua dalam mengelola pola komunikasi dengan anak yang kecanduan game online, serta menawarkan saran untuk mengembangkan interaksi yang lebih efektif.
References
(n.d.). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Perguruan Tinggi Negeri di Kendari, Sulawesi Tenggara.
(n.d.). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif (Materi kuliah metodologi penelitian Pps. Uin Maliki Malang).
Adams, E., & Rollings, A. (2007). Game design and development. New Reader Publishing.
Agusta, I. (2012). Teknik pengumpulan dan analisis data kualitatif.
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2010). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif.
Andriyani, A. (2021). Konseling singkat berorientasi solusi untuk mereduksi adiksi game online siswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya).
Baxter, L. A., & Montgomery, B. M. (1996). Relating: Dialogues and dialectics. Guilford Press.
Cassell, J., & Jenkins, H. (Eds.). (1998). From Barbie to Mortal Kombat: Gender and computer games. MIT Press.
Cavida, S. D., & Raihana, P. A. (2022). Hubungan antara kecanduan bermain game online terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Chaniago, A. Y. (2002). Kamus lengkap bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Daud, R. F., Marini, & Monica, D. (2020). Pengaruh game online “Mobile Legend” dan psikologi anak terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam keluarga.
Endah, N., Rohaeti, E. E., & Supriatna, E. (2019). Keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung.
Evanne, L., Adli, A., & Ngalimun, N. (2021). Dampak game online terhadap motivasi belajar dan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 55-62.
Griffiths, M. D. (2010). The role of context in online gaming excess and addiction: Some case study evidence. International Journal of Mental Health and Addiction, 8(1), 119-125. https://doi.org/10.1007/s11469-009-9229-x
Hurlock, E. B. (1980). Developmental psychology: A life-span approach (5th ed.). McGraw-Hill.
Ilhamsyah, I., Salim, A., & Maulana, A. N. (2022). Dampak kecanduan game online terhadap komunikasi interpersonal anak di Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Jones, S. (2003). Let the games begin: Gaming technology and entertainment among college students. Pew Internet & American Life Project.
Junita, R. (2016). Kemampuan representasi dan komunikasi matematis peserta didik SMA ditinjau dari prestasi belajar dan gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2).
Juwita, A., Alfikri, M., & Kamal, A. (2013). Komunikasi interpersonal orangtua dan anak pecandu game online di Kota Tanjung Balai.
Lieb, R., & Zimmerman, M. A. (2020). Parent-child communication and adolescents' use of technology. Journal of Family Communication, 20(4), 265-282. https://doi.org/10.1080/15267431.2020.1814112
Ling, R. (2004). The mobile connection: The cell phone's impact on society. Morgan Kaufmann.
Marwinda. (2022). Komunikasi interpersonal remaja yang kecanduan game online di Jorong Batang Tuhur, Nagari Cubadak, Kecamatan Dua Koto, Kabupaten Pasaman Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Moleong. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Media Kita.
Nufiandanwayanweda. Teori dan praktis: Riset komunikasi pemasaran terpadu. Malang: Ubpress.
Nuzuli, A. K. N., Ningsih, M. S., Astri, P. B., Fazli, M., Palenza, N. R., & Gazali, A. (2023). Gangguan komunikasi pada mahasiswa pecandu game online Mobile Legend. Jurnal Pikma: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(2), 261-271.
Nuzuli, A. K., Ningsih, M. S., Astri, P. B., Fazli, M., Palenza, N. R., & Ghazali, A. (2020). Gangguan komunikasi pada mahasiswa pecandu game online Mobile Legend.
Olsen, C. M. (2010). Naturalistic observation of child and family interactions during engagement with digital and nondigital activities. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 13(4), 437-441. https://doi.org/10.1089/cyber.2009.0311
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On the Horizon, 9(5), 1-6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816
Putra, G. A., & Nuryono, W. (2022). Fenomena penyebab kecanduan game online pada siswa. Jurnal BK Unesa, 12(3), 983–989.
Rochmah, S. (2011). Pengaruh komunikasi interpersonal dan loneliness terhadap adiksi games online.
Santrock, J. W. (2019). Life-span development (17th ed.). McGraw-Hill Education.
Saryono. (2007). Penelitian kualitatif ilmu ekonomi dari metodologi ke metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setiawan, R. (2018). Dampak kecanduan game online terhadap perilaku remaja di Desa Karangrejo. Jurnal Psikologi Sosial, 15(2), 102-117. https://doi.org/10.14203/jps.v15i2.342
Soegianto, S., At’al. (1989). Penelitian kualitatif teori dan aplikasi. Surabaya: Puslit Ikip Surabaya.
Sparringa, D. (2000). Kumpulan bahan mata ajar metode penelitian kualitatif. Surabaya: Fisip Unair.
Sugiono. (2013). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhanti, I. Y., et al. (n.d.). Keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa UM.
Suyitno. (2018). Metode penelitian kualitatif. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Ulya, L., Sucipto, S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis kecanduan game online terhadap kepribadian sosial anak. Jurnal Educatio FKIP Unma, 7(3), 1112–1119.
Walther, J. B. (1996). Computer-mediated communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. Communication Research, 23(1), 3-43. https://doi.org/10.1177/009365096023001001
Wijaya, I. S. (2019). Komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi dalam organisasi.
Wulandari, I. (2017). Upaya meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode active learning tipe true or false (benar atau salah) kelas VII C di SMP N 4 Wonosari.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.