Monitoring Dakwah Online di Media Sosial

Authors

  • Muhammad Munir Institut Al Fithrah Surabaya

Keywords:

Monitoring,Dakwah Online, Teori Uses dan Gratifikasi

Abstract

Dakwah di media sosial semakin mengalami peminat yang sangat banyak hal ini disebabkan karena kemudahan dalam mengakses dan memproduksinya. Dalam hal ini memerlukan sebuah monitoring pada setiap masyarakat modern yang mengupload konten dakwah di media sosial, monitoring ini bertujuan untuk melihat seberapa penting para mad’u mengikuti dan mengabaikan. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Metode pengumpulan data teks, seperti dokumen, wawancara, atau catatan lapangan, kemudian menganalisisnya dengan cara mengidentifikasi pola, tema, atau makna yang muncul dari teks tersebut. Sumber data dalam penelitian ini dari instagram, youtube dan Tiktok. Tujuan utama dari analisis konten adalah untuk mengungkap pola, tema, atau makna yang terkandung di dalam teks tersebut. Langkah-langkah dalam analisis konten 1) Penentuan Unit Analisis, 2) Pengkodean, 3) Kategorisasi, 4) Interpretasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tentang Monitoring Dakwah Online dan Aktivitas Dakwah, Monitoring Kriteria Da’i Online, Monitoring Respon Dakwah Online, Monitoring Problem Dakwah Online, Monitoring Pemerintah pada Dakwah Online.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Muhammad Munir. (2024). Monitoring Dakwah Online di Media Sosial. IMTIYAZ: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(01), 38–50. Retrieved from http://jurnal.staisam.ac.id/index.php/imtiyaz/article/view/158

Issue

Section

Articles