PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENABUNG PADA PT BPR BANK JOMBANG
Keywords:
pelayanan, periklanan, keputusan nasabahAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan menemukan pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT BPR Bank Jombang. Permasalahan yang dihadapi adalah biaya faktor periklanan yang setiap tahun naik dikarenakan pajak yang dikenakan oleh pemerintah daerah oleh karena itu periklanan pada PT Bank Jombang lebih mengutamakan menggunakan media elektronik dan pelayanan di PT Bank Jombang ditingkatkan terutama dibidang keberihan disekitar kantor. Terdapat pengaruh yang signifikan secara positif terhadap peningkatan nasabah yang menggunakan nasabah PT Bank Jombang. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian sebagai berikut Fhitung sebesar 165,828 dengan signifikansi 0,000>0,05, maka hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan secara simultan terhadap keputusan nasabah dalam menabung pada PT. BPR Bank Jombang”.
Kata Kunci: Pelayanan, Periklanan, keputusan Nasabah
Abstract
This study aims to determine the problem and find the effect of service quality and advertising on customer decisions in saving at PT BPR Bank Jombang. The problem faced is the cost of the advertising factor which increases every year due to taxes imposed by the local government, therefore advertising at PT Bank Jombang prioritizes using electronic media and services at PT Bank Jombang are improved, especially in the field of cleanliness around the office. There is a positive significant effect on the increase in customers who use PT Bank Jombang customers. This can be seen from the results of the study as follows: Fcount of 165.828 with a significance of 0.000> 0.05, the hypothesis which reads "there is an effect of service quality
and advertising simultaneously on customer decisions in saving at PT. BPR Bank Jombang”
Keywords: Service, Advertising, Customer decision