Pengembangkan Model Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Kegiatan Unggulan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
Keywords:
Manajemen TPQ, Kegiatan Unggulan, Mutu Pendidikan, EkstrakurikulerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) berbasis kegiatan unggulan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tempat penelitian adalah TPQ Al-Jauhari yang berlokasi di Dsn. Glatik, Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Berdiri pada tahun 2020, TPQ ini memiliki 35 santri dan 6 ustadz. Kegiatan unggulan yang menjadi fokus meliputi sholawat Al-Banjari, rutinan Jam'iyah Maulid Ad-Diba'iyah, serta pencapaian prestasi seperti juara lomba adzan tingkat kecamatan dan festival Al-Banjari tingkat desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan unggulan memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas akademik dan akhlak santri. Selain itu, strategi manajemen yang terstruktur berperan penting dalam menjaga konsistensi kegiatan. Implikasi penelitian ini adalah sebagai referensi dalam pengembangan model manajemen TPQ untuk lembaga lain yang sejenis.
References
Cholisoh, L. (2019). Analisis implementasi hidden kurikulum dalam pendidikan karakter (studi kasus SD Islam Al Syukro Universal Tangerang selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).
Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi: Sebuah tantangan dan harapan. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173-194.
Dali, Z. (2017). Manajemen Mutu Madrasah (Vol. 1). Pustaka Pelajar.
Khasanah, M. R. N. (2023). Peran Guru Diniyah dalam Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Darul Muhajirin Joho Purwantoro Wonogiri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Latifatuzzahrok, L. (2021). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Santri di TPQ Awwalul Huda Ngrukem Mlarak Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Masnawati, E., & Fitria, S. N. (2024). Peran Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dalam Pengembangan Akhlak Anak. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 213-224.
Mawardi, I. (2018, April). Orientasi Ideal Manajemen Pengembangan Kurikulum Madrasah: Analisis Dasar Kebijakan Mutu Pendidikan Islam. In Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM) (Vol. 1, No. 1, pp. 1239-1253).
Miswanto, M. (2024). Integrasi Program Pada Rumah Baca Sang Petualang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Wonogiri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Musfah, J. (2016). Pendidikan Islam: memajukan umat dan memperkuat kesadaran Bela Negara. Kencana.
Purnamasari, F. D. (2023). Strategi Brand Image Melalui Pengembangan Program Pendidikan Unggulan (Studi Kasus di SDIT Darul Falah) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Ramadhan, M. A., & Hidayat, W. (2024). Analisis Manajemen Risiko dalam Mengatasi Tantangan Siswa Buta Huruf Al-Quran di SMAN 1 Lembang. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 11-24.
Saputri, O. N., Nissah, K., & Arini, P. F. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Melalui Penguatan SDM di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 75-81.
Sholikhin, A. (2025). INOVASI PENDIDIKAN ISLAM. Goresan Pena.
Syafa'at, W. (2022). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren di MTs. Sabilul Muttaqin Pungging Kabupaten Mojokerto. Jurnal Al-Murabbi, 7(2), 221-230.
Tsani, M. J., & Sauri, S. (2024). Pendidikan Islam: Konsep, masalah, dan solusi. Educatio, 19(1), 184-199.
Wathon, A., & Masrifatin, Y. (2024). Upaya Peningkatan Pendidikan Non Formal Melalui Program Hapalan Di TPQ Al Jalalah Desa Tanjung Kertosono. Bisma: Bimbingan Swadaya Masyarakat, 4(1), 134-142.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.