Pendekatan Holistik dalam Manajemen Pembelajaran Siswa pada Kelompok Bermain Dharma Wanita Manduro Mojokerto
Keywords:
Pendekatan Holistik, Manajemen PembelajaranAbstract
This study aims to analyze the holistic approach in student learning management at Dharma Wanita Manduro Playgroup, Mojokerto. The main focus is on the implementation of integrative holistic development services, active and enjoyable learning activities tailored to children's developmental stages, and collaboration with parents and the community. The research method used is descriptive qualitative approach, involving observation, interviews, and document analysis. The results indicate that a holistic approach can enhance children's overall potential, including physical, emotional, social, and intellectual aspects. The key implication of this study is the importance of integrated learning management to support optimal early childhood development in educational institutions.
References
Alkasih, Z. (2024). Pentingnya Kepemimpinan Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 6(1), 42-52.
Armini, N. K. (2024). Evaluasi metode penilaian perkembangan siswa dan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98-112.
Erifkha, E. U., & Zulfahmi, M. N. (2024). Upaya Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Melalui Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 243-263.
Hendrik Dewantara, S. E. (2024). Membangun masa depan pendidikan: Inovasi dan tantangan dalam sertifikasi guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan inovasi pendidikan: Arah pendidikan di masa depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lutfi, L. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Hasanussholihat Tangerang. Jurnal Tahsinia, 4(2), 288-299.
Manora, H., Khasanah, N. L., & Putri, F. N. (2024). Dampak Penggunaan Teknologi dalam Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 161-178.
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan tantangan kepala sekolah PAUD dalam mengembangkan lembaga dan memotivasi guru untuk mengikuti program sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239-4254.
Nugraha, S. A. (2016). Konsep dasar pendidikan karakter. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 158-176.
Paramansyah, H. A., & SE, M. (2020). Manajemen pendidikan dalam menghadapi era digital. Arman Paramansyah.
Pomeo, W. R. R., & Winarti, E. (2024). Dinamika Implementasi Kebijakan Penempatan Tenaga Kesehatan di Daerah Terpencil: Tantangan dan Realitas Lapangan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 2309-2329.
Prasetyo, D. (2024). Manajemen PAUD dalam implementasi P5P2RA terhadap literasi moral dan religius anak. Jurnal Sentra: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-14.
Rahmadani, S., & Malik, L. R. (2024). Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Untuk Mendukung Pengasuhan Positif Pada Anak Usia Dini. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(3), 157-168.
Tsabitah, N. N. (2024). MANAJEMEN STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 13(1).
Windasari, W., Kharisma, A. N., & Hanifah, N. K. (2024). Mengembangkan Model Pengembangan Tenaga Kependidikan untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan di SD Lidah Wetan 4. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 13-13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, dan Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.