http://jurnal.staisam.ac.id/index.php/attadib/issue/feedAt-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah2024-12-13T08:00:23+07:00Fenni Yuniasari, M.Pdfenniyuniasari@gmail.comOpen Journal Systems<p>At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian PGMI/PGSD baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang PGMI/PGSD dengan Nomor ISSN: 3063-993X</p>http://jurnal.staisam.ac.id/index.php/attadib/article/view/212Implementasi Keterampilan Abad 21 pada Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya 2024-09-27T15:04:10+07:00Maraqonitatillah Elamaraqonitatillah9@gmail.comFicky Dewi Ixfinavixfina@gmail.com<p>Dalam menyongsong provokasi saat ini, sektor pendidikan memiliki peran andil penting dalam meningkatkan keterampilan siswa, termasuk keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi sangat krusial dalam membantu siswa beradaptasi dengan perubahan zaman saat ini. Berbagai terobosan baru dilakukan oleh pemerintah, yakni diperkenalkannya kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi keterampilan abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya serta faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhinya. Metode pada peneltitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum merdeka yang diterapkan melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah efektif dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan 4C siswa. Pendekatan IPS ini mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, komunikasi, dan kreatif dalam menghadapi tantangan di lingkungan sekitar. Kajian tersebut menekankan pentingnya kompetensi guru, sarana dan prasarana dan evaluasi keterampilan 4C melalui <em>assembly atau festival learning</em>. Selain itu, hambatan yang ditemukan dalam implementasi keterampilan 4C antara lain kurangnya perhatian orang tua terhadap keterampilan 4C diluar lingkungan sekolah, serta perbedaan gaya belajar dan kesulitan dalam mengelompokkan siswa karna keragaman budaya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi abad 21 pada kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPS di MI Al Fithrah Surabaya dinilai baik dalam menunjang capaian akademik keterampilan abad 21 dengan presentase 53,85% dengan cara ini, siswa dapat lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan siap menghadapi era saat ini.</p>2024-09-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahhttp://jurnal.staisam.ac.id/index.php/attadib/article/view/173UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV MI ISLAMIYAH NGORO JOMBANG2024-05-18T11:28:00+07:00Imroatus Imroatus Sulthoniyahimroasulthon@gmail.comSyafaatul Udhmahsyafaatul121feb@gmail.com<p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pembelajaran menulis berbasis karakter, penerapan pembelajaran menulis berbasis karakter ketika tatap muka dan luring, serta kelebihan dan kelemahan selama penerapan di MI Islamiyah Ngoro Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Kami menggunakan teknin analisis data dari miles dan huberman. Hasil penelitian ini variasi guru dalam pembelajaran membuat jejak telapak cita-cita, kemudian pemanfaatan media visual untuk menampilkan video kisah inspiratif yang membuat pembelajaran tidak monoton dengan kegiatan membaca di buku pegangan saja. Pembelajaran daring masih belum bisa diikuti oleh keseluruhan siswa karena ada sebagian wali siswa yang belum memiliki smartphone canggih. Saran untuk guru dalam pembelajaran menulis berbasis karakter ini yang sudah berjalan baik dipertahankan dan ditingkatkan lagi kreasinya agar siswa tetap tertarik dalam menulis. Bagi sekolah, menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan pembelajaran menulis berbasis karakter yang lebih baik bagi siswa untuk kedepannya. Bagi peneliti selanjutnya yang melaksanakan penelitian dengan tema serupa untuk bisa menemukan dan mengembangkan pembelajaran menulis dengan berbasis karakter yang lebih baik.</em></p>2024-09-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahhttp://jurnal.staisam.ac.id/index.php/attadib/article/view/219PENGARUH TEKNIK RELAKSASI (PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION) DALAM MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN MATEMATIKA DI SMPN 14 JEMBER2024-10-26T07:12:09+07:00Anis Sakinaul AwaliyahAnissakinatulawaliyah@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji bagaimana teknologi relaksasi <em>progressive muscle relaxation</em> dapat membantu siswa di SMPN 14 Jember mengurangi rasa cemas saat mengikuti ujian matematika. Penelitian semacam ini bersifat kuantitatif. Delngan sampell belrjumlah tujuh orang, maka populasinya telrdiri dari siswa kellas 8A Jember. teknik pengumpulan data yang melibatkan kuesioner dan wawancara. Kuesioner divalidasi dan diperiksa reliabilitasnya sebelum didistribusikan. Wilcoxon Match Pairs Test merupakan metode analisis data yang diterapkan. Temuan penyelidikan adalah:<em> progressive muscle relaxation</em>, suatu teknik relaksasi, terbukti membantu siswa di SMPN 14 Jember mengurangi rasa cemas sebelum ujian matematika. Hal ini dianjurkan setelah terapi teknik<em> progressive muscle relaxation</em>. Ketika tingkat kecemasan siswa diukur pada saat sebelum dan sesudah tes, rata-rata skor perhitungannya turun. Nilai rata-rata pada pretest adalah 237,7, nilai rata-rata pada posttest adalah 132,3, dan selisih antara kedua nilai tersebut adalah 105,4. Uji berpasangan Wilcoxon digunakan untuk menganalisis data dan mendapatkan nilai asimtotik. Hipotesis (disetujui) menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kecemasan siswa menjelang ujian matematika karena nilai Sig (dua sisi) sebesar 0,008 kurang dari 0,05. Metode teknik <em>progressive muscle relaxation</em> bermanfaat dalam menurunkan kecemasan siswa menjelang ujian matematika di SMPN 14 Jember berdasarkan hasil perhitungan.</p>2024-09-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahhttp://jurnal.staisam.ac.id/index.php/attadib/article/view/222Kenali Diri pada Fase Adolescence dan Optimalkan Potensial pada Dunia Pendidikan2024-11-27T22:25:31+07:00Nur Arofaharofahshofiyur0401@gmail.comKhoirunnisa’il Fitriyahnisakstaisam@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pengenalan diri pada remaja awal tingkat SMP dan bagaimana hal ini dapat mengoptimalkan potensi mereka dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 30 siswa dari tiga sekolah menengah pertama di Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman yang baik tentang diri mereka cenderung lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan kelas dan ekstrakurikuler. Selain itu, dukungan dari guru dan orang tua terbukti berkontribusi signifikan terhadap pengembangan potensi siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang pada gilirannya mendorong pencapaian akademik yang lebih baik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dalam mengenali dan mengoptimalkan potensi remaja<em>.</em></p>2024-09-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahhttp://jurnal.staisam.ac.id/index.php/attadib/article/view/236MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN DI SDI AL HUDA KOTA KEDIRI 2024-12-13T08:00:23+07:00Khafidhotun Nasikhahkhafidhotun.nasikhah@gmail.com<p>Pengelolaan layanan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar merupakan salah satu penunjang pembelajaran hasil di sekolah. Guru harus memperhatikan penggunaan sarana dan prasarana agar bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan manajemen sarana prasarana sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di SDI Al Huda Kediri terdiri dari: a.) Diawali dengan observasi dan analisis terperinci untuk disimpulkan menjadi program kerja untuk didiskusikan pada forum. b.) Rapat kecil yang terdiri dari pimpinan dan wakil kepala sekolah untuk membahas program kerja yang sudah di jalani dan mencari solusi dari permasalahan. c.) Rapat sedang yang di hadiri semua jajaran guru untuk mengevaluasi program kerja yang sudah dijalankan. d.) Rapat besar yang melibatkan semua unsur pimpinan, guru dan staf sebagai asas musyawarah dan menjadi bahan pertimbangan jika terdapat masukan-masukan. e.) Implementasi program dan evaluasi</p>2024-09-25T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah