Kenali Diri pada Fase Adolescence dan Optimalkan Potensial pada Dunia Pendidikan

Authors

  • Nur Arofah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto
  • Khoirunnisa’il Fitriyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabilul Muttaqin Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.63230/attadib.v1i02.222

Keywords:

pengenalan diri, remaja SMP, potensi pendidikan, dukungan sosial, kegiatan ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pengenalan diri pada remaja awal tingkat SMP dan bagaimana hal ini dapat mengoptimalkan potensi mereka dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 30 siswa dari tiga sekolah menengah pertama di Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman yang baik tentang diri mereka cenderung lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan kelas dan ekstrakurikuler. Selain itu, dukungan dari guru dan orang tua terbukti berkontribusi signifikan terhadap pengembangan potensi siswa. Penelitian ini juga menemukan bahwa keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang pada gilirannya mendorong pencapaian akademik yang lebih baik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan program pendidikan yang lebih efektif dalam mengenali dan mengoptimalkan potensi remaja.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Arofah, N., & Khoirunnisa’il Fitriyah. (2024). Kenali Diri pada Fase Adolescence dan Optimalkan Potensial pada Dunia Pendidikan. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 94–99. https://doi.org/10.63230/attadib.v1i02.222

Issue

Section

Articles