UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV MI ISLAMIYAH NGORO JOMBANG

Authors

  • Imroatus Imroatus Sulthoniyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Syafaatul Udhmah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.63230/attadib.v1i02.173

Keywords:

Menulis, Pendidikan, Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pembelajaran menulis berbasis karakter, penerapan pembelajaran menulis berbasis karakter ketika tatap muka dan luring, serta kelebihan dan kelemahan selama penerapan di MI Islamiyah Ngoro Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Kami menggunakan teknin analisis data dari miles dan huberman. Hasil penelitian ini variasi guru dalam pembelajaran membuat jejak telapak cita-cita, kemudian pemanfaatan media visual untuk menampilkan video kisah inspiratif yang membuat pembelajaran tidak monoton dengan kegiatan membaca di buku pegangan saja. Pembelajaran daring masih belum bisa diikuti oleh keseluruhan siswa karena ada sebagian wali siswa yang belum memiliki smartphone canggih. Saran untuk guru dalam pembelajaran menulis berbasis karakter ini yang sudah berjalan baik dipertahankan dan ditingkatkan lagi kreasinya agar siswa tetap tertarik dalam menulis. Bagi sekolah, menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan pembelajaran menulis berbasis karakter yang lebih baik bagi siswa untuk kedepannya. Bagi peneliti selanjutnya yang melaksanakan penelitian dengan tema serupa untuk bisa menemukan dan mengembangkan pembelajaran menulis dengan berbasis karakter yang lebih baik.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Imroatus Sulthoniyah, I., & Udhmah, S. . (2024). UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV MI ISLAMIYAH NGORO JOMBANG. At-Ta’dib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 61–77. https://doi.org/10.63230/attadib.v1i02.173

Issue

Section

Articles