IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI PADA MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL (MBI) AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Authors

  • mas'ulil munawaroh sekolah tinggi agama islam sabilul muttaqin mojokerto

Keywords:

Pendidikan karakter, KH. Hasyim Asy’ari, Madrasah Bertaraf Internasional, Amanatul Ummah, pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Asy’ari di Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto. KH. Hasyim Asy’ari dikenal sebagai salah satu ulama besar yang memiliki kontribusi besar dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia, terutama dalam pembentukan karakter melalui pendekatan religius yang mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBI Amanatul Ummah menerapkan strategi pendidikan karakter yang diilhami dari ajaran KH. Hasyim Asy’ari melalui penguatan nilai-nilai keislaman, disiplin, dan kebersamaan dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendidikan karakter di madrasah ini juga diintegrasikan dalam kurikulum formal dan kegiatan ekstrakurikuler, yang bertujuan untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia dan memiliki kecerdasan spiritual. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pendidikan karakter di lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

munawaroh, mas’ulil. (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI PADA MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL (MBI) AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 84–91. Retrieved from http://jurnal.staisam.ac.id/index.php/annajmu/article/view/216

Issue

Section

Articles