Manajemen Layanan Bimbingan Konseling di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo

Authors

  • Triana Rosalina Noor STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Putri Purwanti STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

Keywords:

bimbingan konseling, manajemen layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang manajemen layanan bimbingan konseling di SMA Insan Cendekia Boarding School Sidoarjo.

Metode penelitian yang dipilih adalah kualitatof studi kasus dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen sebagai metode pengambikan data. Wawancara dilakukans secara purposive kepada dua orang subyek yakni kepala sekolah dan guru BK. Data yang telah digali tersebut dianalisis dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penyusunan kesimpulan.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa manajemen layanan bimbingan konseling di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo telah menerapkan tahapan-tahapan dalam manajemen yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.  Pada tahap perencanaan, dilakukan penyusunan program-program kerja semester dan tahunan dengan terlebih dahulu disepakati oleh semua komponen sekolah. Pada tahap pelaksanaan, diberikan layanan bimbingan pribadi, sosial, karir dan belajar bagi siswa. Untuk giat evaluasi layanan dilakukan melalui evaluasi proses yaitu melalui meminta feedback setelah pelayanan dilakukan dan evaluasi hasil yakni . melalui menyandingkan hasil capaian dengan target capaian yang telah ditentukan pada rencana.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Triana Rosalina Noor, & Putri Purwanti. (2024). Manajemen Layanan Bimbingan Konseling di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. An-Najmu: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 99–108. Retrieved from http://jurnal.staisam.ac.id/index.php/annajmu/article/view/209

Issue

Section

Articles