PEMBINAAN KECERDASAN INTRAPERSONAL (DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI)

Authors

  • Heru Siswanto IAI Al-Khoziny Sidoarajo

Keywords:

Kecerdasan Intrapersonal, Kemandirian, Anak Usia Dini

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini. 2) mengetahui proses pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini. 3) mengetahui adanya pengaruh positif yang muncul setelah dilakukan pembinaan kecerdasan intrapersonal pada kemandirian anak usia dini. 4) mengetahui adanya faktor pendukung dalam kecerdasan intrapersonal pada anak usia dini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research atau kajian Pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini membawa pengaruh positif, proses pembinaan kecerdasan intrapersonal dalam membentuk kemandirian anak usia dini menggunakan metode belajar melalui bermain dengan menerapkan praktek langsung sesuai dengan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari hasilnya sangat memuaskan, adanya pengaruh positif yang muncul setelah dilakukan pembinaan kecerdasan intrapersonal pada kemandirian anak usia dini, adanya faktor pendukung dalam kecerdasan intrapersonal pada anak usia dini menjadi bekal dasar di keberlangsungan melanjutkan ke jenjang Pendidikan selanjutnya.

References

Fatmawati, Nurul. (2021). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Partisipasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sdi Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2020/2021. Uin Satu Tulungagung.

Guslinda & Rita K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jagad Publishing

Herawati, N. I. (2018). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Developmentally Appropiate Practice Untuk Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Ikasari, Murni Nur. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran Di Ta Al-Mannar Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Muhartini, Heny. (2013). Pembinaan Kecerdasan Intrapersonal Pada Anak Usia Dini (4-6Tahun) Tk Lkia Ii Pontianak. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Mubarak, A. F., Noor, W. N., Widat, F., Wafiroh, K., & Hayati, N. (2022). Upaya Guru Dalam Membangun Kecerdasan Intrapersonal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3782-3792.

Rmanila. (2014). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dan Intrapersonal Melalui Pembelajaran Tematik Di Taman Kanak-Kanak (5-6 Tahun) Zulhijjah Medan.Universitas Medan Area.

Siregar, N. M. (2018). Peningkatan kecerdasan interpersonal melalui aktivitas fisik anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 291-300.

Slamet Suyanto. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yuliani N Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Siswanto, H. (2025). PEMBINAAN KECERDASAN INTRAPERSONAL (DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI). Al-Muttaqin : Jurnal Studi, Sosial, Dan Ekonomi, 6(02), 177–186. Retrieved from http://jurnal.staisam.ac.id/index.php/almuttaqin/article/view/290

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.